Subscribe

Thursday, July 17, 2008

Fokus Marketing

Fokus utama untuk membuat produk anda semakin menarik dan sulit untuk dilawan oleh orang lain, andalah sang Magnet Uang..... rahasianya ada pada 3 hal saja. Apa itu???

Mari kita bahas satu persatu....

PERTAMA... Nilai tambah. Pertanyaan paling pertama, apa nilai tambah produk anda? Apa yang tidak dimiliki oleh orang lain dan dimiliki oleh anda? Mari kita ambil contoh yang pernah dilakukan oleh salah satu konsultan yang saya kenal kepada salah seorang pengusaha apartemen. Pertanyaan pertama : apa yang anda miliki? Jawab : apartemen kami di segitiga emas. Konsultan : tetapi apartemen lain juga di segitiga emas, misal bla... bla... bla... (contoh tidak perlu disebutkan). Pengusaha apartemen : apartemen kami mewah dan komplet sarananya. Konsultan : yang lain juga komplit, nggak cuma kolam renang, tempat tidur mewah, ada tempat rehat, ada toko/pusat jual beli, bahkan dekat dengan mall. Pertanyaan dari konsultan tersebut dilanjutkan terus hingga si pemilik usaha tersebut tidak bisa bicara. Lalu, mereka mengadakan meeting hingga diputuskan (saat itu, kira-kira tahun 98-an, masa krisis ekonomi) mereka mengambil langkah jitu. Tidak ada yang memberikan penawaran seperti ini : uang muka apartemen bisa dikredit setahun. Dan.... dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan, penjualan apartemen naik 400%.

Pertanyaannya, apa nilai tambah produk anda???


KEDUA, apa penawaran yang tidak bisa ditolak dari produk anda? Atau, penawaran apa yang menyebabkan produk anda akan dibilang oleh konsumen : waduh, rugi banget kalau aku nggak beli???? Contoh sederhana : dijual rumah tipe 45 seharga 200 juta rupiah dengan hadiah full set furniture dan mobil senilai 75 juta rupiah. Bayangkan, penawaran ini sedemikian dahsyat sehingga anda akan ngiler sekali jika tidak membelinya. Tentu anda akan bilang, ya wajar lah mas, lha wong anda jual rugi. Akan saya jawab begini : tahukah anda dimana anda bisa membeli furniture dan mobil dengan harga murah?

Jika kita kenal atau mengetahui sumber furniture murah, anda akan tahu hanya dengan kurang dari Rp 10jt, anda akan mendapatkan full furniture yang memadai. Kedua, jika anda kreatif mencari iklan mobil dimana orang sedang butuh uang, maka anda akan tahu bagaimana menjual rumah yang (misal) harga pasarannya 125 juta, bisa terjual lebih mahal, karena anda cukup mengeluarkan 40 juta untuk mobil, dan 10 juta untuk furniture. Artinya, jika pasaran rumah harganya adalah Rp 125 juta, anda untung 25jt bukan???

Anda mau lebih yahud lagi penawarannya? Ada hukum scarcity and limited time. Maksudnya adalah, keterbatasan karena kekurangan dan ada batas waktunya. Contoh, penawar 100 orang pertama yang mau membeli rumah anda sebelum tanggal XX, maka akan diundi siapa yang berhak untuk membeli rumah anda.

Silakan berpikir kreatif untuk memberikan penawaran yang sulit ditolak oleh orang lain.....!!!

KETIGA, janji yang powerfull.... Misal dalam kasus rumah : jika mereka kecewa dengan pembelian rumah tersebut, tidak perlu ba bi bu... cukup bilang ke anda, pak, saya kecewa dengan pembelian rumah ini.... dan anda telah menentukan batas waktunya. Misal, kecewa setelah 3 hari pertama, UANG DIJAMIN KEMBALI!!! TANPA BA BI BU....!!!

Silakan ditest.... anda akan tahu betapa anda benar-benar menjadi MAGNET UANG.....!!! Inilah Fokus Marketing yang sesungguhnya.....

Salam
Digg This

No comments: