Subscribe

Wednesday, August 6, 2008

Contoh Bisnis Melalui Internet Marketing

Ada banyak cara dalam mencari peluang menjadi magnet uang - money magnet dalam dunia internet marketing. Yang dibahas kali ini hanya salah satu bentuk yang boleh jadi menarik untuk anda yang suka menulis.

Saya ambil contoh satu hal : ebook yang berguna. Bisa anda isi dari berbagai hal yang menarik. Sebagai contoh anda adalah ahli dalam teknik pengeringan madu (mengurangi kadar H2O) tanpa harus melakukan pemanasan atau pemanggangan. Atau jika anda suka dengan dunia elektronik bisa pula menjual produk disain - misal - antena transceiver dengan tenaga surya.

Ide-ide bisa digali dengan sangat cerdas dan produk haruslah yang memiliki nilai tambah sangat berarti untuk pembeli. Berjualan ide ini jangan dianggap remeh. Anda mesti menyadari, bahwa dulu ide google itu ditertawakan orang karena dianggap tidak lumrah. Sergey Brin adalah salah satu orang sangat kaya saat ini karena idenya ditertawakan orang.

Setelah melakukan penulisan e-book yang berguna ini, anda bisa melakukan penjualan via elektronik melalui internet marketing. Lucu dan aneh buat anda? Mungkin saja. Tapi jika anda memiliki segudang informasi e-book yang bagus dan bisa berguna, orang akan tertarik. Yang paling penting adalah bagaimana nilai tambah anda berguna dan benar-benar bernilai untuk customer. Setelah itu kita bisa menjual produk kita dengan menampilkan di "toko" online alias website dan diiklankan dengan cara iklan berbayar. Saya tidak mendiskusikan bagaimana metode dan nilai tambah dalam melakukan marketing. Anda bisa baca artikel saya di sini atau di sini.


Tentu saja, seluruhnya adalah online, dapat mendownload jika sudah membayar.... bla bla bla anda tentu sudah tahu. Tidak di bahas di sini tentang bagaimana bangunan website anda. Yang penting, salah satu hal menarik adalah berikan customer anda manfaat sebanyak-banyaknya dengan harga sekompetitif mungkin. Dengan demikian, maka mereka menjadi tertarik. Contoh, jika anda menjual metode menanam pohon jarak yang menghasilkan 20 ton/hektar (misal normalnya 15 ton), berikan customer bonus tentang referensi toko-toko pupuk yang berharga kompetitif, metode memilih pupuk, metode bercocok tanam tanaman lain yang menarik, atau apa saja yang membuat customer semakin tertarik.

Sumber??? Anda mesti kreatif. Ada hal yang mendasar dalam hal berbisnis. Pertama, jika tidak punya ide, cari dari orang yang memiliki ide. Jika tidak punya kemampuan marketing, anda bisa membayar atau mencari orang yang punya kemampuan marketing. Jika anda tidak punya modal, cari orang yang punya modal. Gabungkan ketiga-tiganya, anda bisa menjadi ahli segalanya... Menarik???

Saya ambil contoh. Anda punya teman sekolah yang jago? Pintar? Ambil kerjasama dengan dia, ajak untuk menjual idenya. Tentu semakin mahir "merayu" anda akan punya ide menarik yang bisa dijual. Dan seterusnya....

Mari kita hitung bisnis e-book. Pertama, anda membutuhkan modal kemauan mengetik dan editing. Buat yang semenarik mungkin. Butuh modal finansial? Mungkin, jika anda tidak punya komputer. Jika sudah, anda hanya butuh kemauan. Kedua, buat website. Cara yang baik dan profesional tentu saja butuh web berbayar. Domain kira-kira Rp 80.000 - Rp 200.000 per tahun. Hosting bisa cari gratisan bisa bayar, bisa sampai Rp 900.000 tergantung speednya. Ketiga, cari trafik. Iklan bisa anda lakuan dengan cara gratis bisa pula berbayar. Anda bisa bujetkan dari Rp 20.000 per bulan hingga un-limited, tergantung anda mau. Anda bisa iklankan dari Rp 200 rupiah per klik hingga terserah anda mau berapa. Terakhir, ukur marketing anda, efisien atau tidak. Termasuk juga, ukur seberapa jauh produk anda itu menarik atau tidak.

Setelah itu, maka seluruh program akan secara otomatis bisa dilakukan melalui internet. Semua bekerja on-line. Hanya ada beberapa pekerjaan manual seperti verifikasi pembayaran yang hanya perlu anda lakukan satu dua jam saja dalam satu hari.

Menarik???? Anda mau tahu contoh aktualnya?? Silakan lihat di amazon.com. Be creative, kita mungkin meniru, tapi tidak semua ide tertulis dalam ebook apalagi berbahasa Indonesia ada di Amazon.

Silakan mencobanya.....
Salam
Digg This

4 comments:

batu zakar rekso said...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

foredi gel said...

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

obat ejakulasi dini 1 said...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

prima setia said...

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.