Subscribe

Tuesday, June 17, 2008

Uang : Memerlukan Cara Pandang Baru

Tahukah anda....?? Berapa banyak sebenarnya uang beredar? Dari 100% uang yang beredar di dunia ini, distribusi berapa banyak sebenarnya uang itu dikuasai oleh manusia? Menurut sumber riset di Singapore, saya mengutip dari sebuah buku ternyata uang itu sedikit sekali penguasanya.

Dari riset tersebut, 90% uang di dunia ini, tidak sampai 10% yang mengendalikannya. Dan 50% yang tersebut, ternyata hanya kurang dari 5%. Angka saya mungkin kurang akurat, karena ketika tulisan ini disusun, saya sedang tidak mengecek tepatnya angka berapa. Nanti saya edit ulang untuk kepastiannya. Bahkan, menurut si author, dulu sewaktu ia bekerja, ternyata 70% uang di tempat bank ia bekerja, dikuasai 5% saja. Ini lebih menyedihkan.

Jika seluruh uang di dunia ini dibagikan ke seluruh manusia, berapa tiap kepala dapat uang? Mungkin anda sulit menebak, tapi hasil riset tersebut menunjukkan bahwa tiap orang akan menerima USD 25,000 atau kira-kira setara dengan Rp 2.5M !!! Jika keluarga anda ada 5 orang, maka anda akan menerima Rp 12.5M. Tapi, tahukah anda, jika dengan pola masyarakat yang sama jika kita membiarkan dengan sistem dan cara pandang manusia saat ini, maka dalam waktu singkat, maka uang tersebut di seluruh dunia akan kembali kepada data statistik di atas!!!!!!

Sungguh menyedihkan !!!!

Salah satu point penting tentang uang, ternyata adalah cara pandang kita terhadap uang. Jika anda diberi uang Rp 1M, apa yang ada di benak anda? Hasil riset menunjukkan hanya sebagian kecil kurang dari 20% yang menjawab : bagaimana uang ini berkembang menjadi 2, 3 ...10 M ??? Sebagian besar kita akan menjawab : saya mau beli ini... mau beli itu... dan lain-lain yang intinya anda memang menjadi konsumtif.


Inilah point penting bagaimana kita bersikap terhadap uang. Oleh karena itu, mulai saat ini, penting buat kita untuk mengubah cara pandang kita terhadap uang.

Nanti disambung/edit lagi deh.....

Salam Money Magnet!
Digg This

No comments: